Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter

 

 

 

IMG_5597

IMG_5521

 

Jakarta, 20 Mei 2016

BPK  Perwakilan Provinsi DKI Jakarta melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108, Jum’at (20/5). Upacara berlangsung khidmat dan tertib, bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Syamsudin dengan Komandan Upacara Gunawan Firmanto. Upacara peringatan Harkitnas ini dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai di lingkungan BPK Provinsi DKI Jakarta dan Inspektorat Utama.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan menyampaikan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara  “Salah Satu inspirasi yang bisa kita serap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai salah sebuah organisasi modern tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional”.

NKRI  adalah negara demokrasi berlandaskan ideologi Pancasila, menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa Indonesia untuk menjaga, melindungi dan memelihara tegaknya NKRI namun ancaman saat ini melalui kemajuan Teknologi digital seperti Radikalisme dan terorisme ,karena melalui teknologi ini mereka menyebarkan paham dan praktiknya. Terlebih yang marak saat ini adalah munculnya kekerasan dan pornografi. Dan ini menjadi problema bagi bangsa .

Agar tidak kedodoran dalam menjaga NKRI perlu memandang penting tema Harkitnas tahun ini yaitu “ Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter .

Dengan tema perayaan harkitnas tahun ini, penekanan pada dimensi internasional dimana kita dihadapkan dalam kompetensi global, saatnya kita untuk bahu membahu bersama anak bangsa untuk memenangkan persaingan pada arus global, karena lawan tanding kita semakin muncul dari penjuru dunia. Maka kita harus bangkit untuk menjadi bangsa yang kompetetif. Kerja nyata, kemandirian dan karakter adalah kunci kemenangannya

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini Juga memperbarui Semangat Trisakti : Berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan hingga bangsa ini lebih jaya dan kompetitif dalam kancah Internasional.===AF===