2021 Perum PPD Gunakan Bus Listrik Layanan Jakarta dan Tangerang

www.viva.co.id, Selasa, 25 Mei 2021

Perum PPD melakukan peremajaan pengoperasian bus konvensional bahan bakar minyak (BBM) menuju bus listrik yang berbasis baterai. Disebutkan Mobil Anak Bangsa (MAB) berbasis bus listrik nantinya ditunjuk sebagai angkutan yang akan beroperasi di jalan raya, baik di DKI Jakarta maupun Tangerang Selatan.

Berdasarkan rilis yang diterima, Selasa, 25 Mei 2021. Pengadaan angkutan menggunakan mobil listrik itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) bersama 6 agen pemegang merek (APM) serta layanan uji coba kendaraan listrik yang dimulai sejak tahun 2019.

“Perum PPD telah bersiap memasuki era baru bus listrik lebih awal dibandingkan operator-operator lainnya. Perum PPD melakukan peremajaan pengoperasian bus konvensional BBM menuju bus listrik yang berbasis baterai,” kata Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa di SBU Pemeliharaan dan Perbaikan Bus Perum PPD di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Lanjutnya, langkah ini sebagai bentuk nyata Perum PPD mendukung penuh Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), sesuai dengan amanat yang tertuang pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“Perum PPD juga berkomitmen untuk berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang menjadi salah satu fokus pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo,”.

Menurut dia, KLBB dinilai dapat memainkan peran penting di masa yang akan datang, karena rendahnya emisi gas buang atau bahkan nol.

“Sehingga dapat mengurangi polusi, mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM, dan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik dan baterai,” ujarnya.

Nantinya, pelayanan bus listrik akan terdapat pada TransJakarta dan juga pelayanan Transit Oriented Development (TOD). Yang mana untuk pelayanan TOD, pihaknya sudah menawarkan APM kepada para pengembang di wilayah Tangerang Selatan.

“TOD ini sudah kita tawarkan ke beberapa pengembang di Tangerang Selatan. Seperti Podomoro, Summarecon Serpong. Sudah mulai penjajakan tinggal realisasinya dan ditargetkan pada Juni dan Desember 2021 pelayanan bus listrik berbasis baterai akan beroperasi,” ungkapnya.