Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72

   

 

Jakarta, 17 Agustus 2017 – Upacara Bendera memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diselenggarakan oleh BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta dan Inspektorat Utama . Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan, Syamsudin, dengan Komandan Upacara Ferdinand John Rotinsulu, Penanggung Jawab Tekhnis pada Subauditorat DKI  II.

Upacara bendera dilaksanakan di halaman depan kantor BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta. Dalam sambutan yang dibacakan oleh inspektur upacara, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengingatkan jajaran pelaksana BPK untuk memanfaatkan momentum kemerdekaan dengan meneladani semangat perjuangan para pahlawan melalui pelaksanaan tugas di BPK. Bentuk perwujudan peran strategis BPK dalam mengisi kemerdekaan di antaranya melalui penetapan visi BPK dalam Rencana Strategis 2016-2020, yaitu sebagai pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Melalui visi tersebut, fokus pemeriksaan BPK tidak hanya pada assurance terkait administrasi pengelolaan keuangan negara, tetapi juga assurance terkait capaian substansi (outcome dan dampak) atas program pembangunan pemerintah.

Ketua BPK juga menyatakan bahwa slogan “Kerja Bersama, Bersama Kerja” pada HUT RI tahun ini sejalan dengan upaya BPK dalam membangun sinergi bersama untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK. Hal ini menurutnya penting untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat, terutama saat BPK sedang mendapat sorotan publik. Untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan ini, BPK perlu memperkuat implementasi Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dan kode etik.

Pada kesempatan ini pula dianugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai BPK berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 96/TK/Tahun 2015. Penghargaan ini diberikan untuk menghargai PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplinserta terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Penerima Satyalancana Karya Satya di BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta yaitu: penganugerahan Satyalancana Karya Satya XXX tahun kepada Akhmad Sukendra., penganugerahan Satyalancana Karya Satya XX tahun diberikan kepada Gokma Pandjaitan, Ratu Sila Setiasih, Erwin Djuty Prabowo, RR. Siti Khotirotun Nurtriningsih, Sri Retno Hastuti, dan Rahmat Windarto. Dianugerahkan pula Satyalancana Karya Satya X tahun kepada Supriyadi.

Di akhir naskah sambutan, Ketua BPK mengajak seluruh pegawai untuk bekerja keras dengan menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme. Ketua BPK juga menghimbau untuk menjadikan peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebagai momentum untuk melaksanakan ” Kerja bersama,bersama kerja”  MERDEKA!!!=AF=