MEMPERINGATI HUT BPK RI KE-69, BPK PERWAKILAN PROVINSI DKI JAKARTA MENGGELAR BERBAGAI MACAM KEGIATAN

Jakarta, 21 Januari 2016 

Dalam rangka memperingati HUT ke-69 BPK RI, BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan serangkaian acara yaitu Family Gathering dengan BPK Pusat, Ziarah Makam Pimpinan BPK RI,perlombaan ketangkasan karyawan, upacara bendera,Tasyakuran  dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng serta pembagian Door Prize.

IMG_0620

Kalan,Kasetlan dan KasubAud DKI I  mengikuti lomba balap karung

 

IMG_0532

Foto bersama sebelum berlomba
Penyerahan doorprize
Penyerahan doorprize

Berbagai macam perlombaan yang dipertandingkan dalam kegiatan yang dilaksanakan  antara lain, dodge ball, all you can eat,titanic rescue,post it dance,balap karung,bakiak dan egrang. Juga diadakan Lomba Karaoke yang diselenggarakan setelah melaksanakan upacara peringatan HUT BPK RI ke-69 dan Tasyakuran yang di ikuti oleh seluruh pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh JFP,penunjang maupun Pramu saji.

IMG_5537
Kalan dan Ibu berduet dalam lomba karaoke

Pada tanggal 17 Januari 2016 ,keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta mengikuti Family gathering  bersama-sama dengan BPK RI Pusat di Sentul City.  Kegiatan ini sendiri merupakan acara yang rutin dilaksanakan dalam rangka menjalin relasi dan menjaga hubungan baik antara sesama pegawai, serta untuk mempererat hubungan pertemanan dan kekerabatan antara keluarga pegawai BPK khususnya BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta.

IMG_4825
Family Gathering

Seperti juga dengan peringatan HUT BPK RI di tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan HUT tahun ini juga digelar acara ziarah makam para Pimpinan BPK antara lain di TMP Kalibata,TPU Karet Bivak,TPU Menteng Pulo,dan TPU Tanah Kusir yang juga diikuti oleh para pejabat dilingkungan BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta mendampingi para Pimpinan BPK RI Pusat.

Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata
Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata
TPU Karet Bivak
TPU Karet Bivak
TPU Karet Tengsin
TPU Karet Tengsin
TPU Tanah Kusir
TPU Tanah Kusir

BPK RI juga mengadakan Upacara untuk memperingati HUT BPK RI ke -69 yang diadakan juga serentak di seluruh Perwakilan BPK yang berpusat di tiap ibu kota provinsi.  Dalam pidato Ketua BPK yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta Efdinal bahwa perjalanan BPK selama 69 tahun sampai dengan saat ini telah menghasilkan berbagai capaian dan prestasi.Kita harus bersyukur dan bangga, karena hasil kerja keras BPK dalam penyelamatan keuangan Negara mendapat tanggapan positif oleh para pemangku kepentingan. Namun, BPK tidak boleh langsung berpuas diri atas capaian-capaian tersebut. Seperti dua sisi mata uang, tiap capaian pasti akan beriringan dengan tantangan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang. Disamping capaian capaian ditahun sebelumnya kita memiliki rencana strategis BPK tahun 2016-2020, dengan visi misi “Menjadi Pendorong Pengelolaan Keuangan Negara untuk Mencapai Tujuan Negara Melalui Pemeriksaan yang Berkualitas dan Bermanfaat” Visi tersebut ditetapkan untuk meningkatkan kontribusi dan peran BPK sebagai lembaga negara. Disampaikan bahwa tahun ini BPK akan memeriksa laporan keuangan pemerintah berbasis akrual yang akan dilaksanakan pada semester pertama ini harus benar benar disiapkan terutama terkait dampak perubahan basis akuntansi tersebut pada laporan keuangan pemerintah. Sebagai lembaga Negara BPK berperan untuk meningkatkan ekonomi, efisiensi, etik, keadilan dan efektifitas perlu ditingkatkan untuk mendiring pengelolaan keuangan negara dalam rangka mencapai tujuan negara. Untuk itu harus ditingkatkan kapasitasnya dan di prioritaskan sesuai dengan prioritas pembangunan nasional serta kebutuhan masyarakat. Dalam peran ini hasil pemeriksaan BPK tidak saja memberikan assurance berupa opini kewajaran laporan keuangan melalui pemeriksaan keuangan, tetapi BPK juga menilai pencapaian pembangunan melalui pemeriksaan kinerja. Dalam kesempatan ini di sampaikan bahwa BPK telah mendapatkan sertifikat Hak Cipta Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) dari Menteri Hukum dan HAM dan sertifikasi internasional Data Center BPK, dalam hal ini Tier Certification of Design Document TIER III dari Uptime Institute oleh John Duffin (Managing Director South Asia Uptime Institute) yang telah diserahkan tanggal 19 Januari 2016. Dengan demikian kita harus meningkatkan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan BPK untuk menguatkan dan mencapai peran peran BPK sehingga menjadi lembaga pemeriksa yang semakin matang. Mengakhiri sambutannya Ketua BPK menghimbau dan menekankan kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu menjunjung tinggi Independensi, Integritas dan Profesionalisme.

Penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya
Penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya
Dirgahayu BPK RI
Dirgahayu BPK RI

Pada kesempatan ini pula dianugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai BPK berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 132/TK/Tahun 2015. Penghargaan ini diberikan untuk menghargai PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplinserta terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Penerima Satyalancana Karya Satya di BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta yaitu: penganugerahan Satyalancana Karya Satya XXX tahun kepada Kasubbag Humas Cahyo Sartono dan Staf SDM Bambang Suharjono . Dianugerahkan pula Satyalancana Karya Satya XX tahun kepada KasubAud DKI I Hadiyati Munawaroh  dan Satyalancana Karya Satya X tahun kepada Staf Subbag TU Miranthi Rika Yuraidha.

Dan puncak acara Peringatan HUT BPK RI ke-69, pada Kamis malam 21/01/16  BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta juga menghadiri Tasyakuran sebagai bentuk rasa syukur kepada ALLAH Tuhan yang Maha Esa yang diadakan di Pusdiklat Kalibata yang juga dihadiri oleh Ketua BPK RI Harry Azhar Azis dan Wakil Ketua Sapto Amal Damandari ,para Anggota BPK RI dan para Pejabat lainnya. Turut pula hadir Mantan Ketua BPK RI Anwar Nasution beserta Ibu dan Hadi Purnomo beserta Ibu,juga mantan Anggota BPK RI Baharuddin Aritonang dan Ali Masykur Musa.  Dalam acara ini juga Dharma Wanita Perwakilan DKI Jakarta ikut mengisi acara peringatan ini dengan mempersembahkan Tarian.===AF===

Dharma wanita Perwakilan DKI
Dharma wanita BPK Perwakilan DKI Jakarta