Belanja Produk Dalam Negeri Pemprov DKI Tembus Rp13,1 Triliun di 2023

www.idxchannel.com, Rabu, 8 November 2023
Idx

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah merealisasikan belanja Produk Dalam Negeri (PDN) mencapai Rp13,1 triliun pada 2023. Jumlah itu setara 82,6 persen dari komitmen belanja PDN dalam RAPBD 2023.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu menyebutkan, pihaknya meraih penghargaan dalam Anugerah Pengadaan 2023 kategori nilai transaksi Produk Dalam Negeri (PDN) terbesar pada 2023.
Selain itu, kategori nilai transaksi belanja produk Usaha Menengah dan Kecil (UMK) terbesar di tingkat provinsi.
Ia mengungkapkan, penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas komitmen belanja Produk Dalam Negeri (PDN) dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2023 kepada Kementerian Dalam Negeri pada 2022 sebesar Rp15,85 triliun.
Pihaknya juga terus mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) untuk membelanjakan produk bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui e-Katalog dan e-Order, dengan nilai transaksi e-Order sudah mencapai Rp 235,5 miliar, serta mencantumkan penggunaan PDN dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan kontrak.
Kata dia, Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan dan mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk dalam negeri melalui berbagai program dan kegiatan.
“Kami terus mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui berbagai program dan kerja sama, maupun sinergi dengan berbagai pihak,” ujar Elisabeth, Jakarta, Rabu (8/11/2023).
Sebagaimana diketahui, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta sehingga dapat bertransformasi menjadi kota global dan wadah perkembangan ekonomi nasional.
(YNA)