Disdik DKl Klaim Sudah Sebar Dana KJP Plus dan KJMU

Pos Kota, Senin, 12 Juni 2023
Pos Kota

Dinas Pendidikan DKl Jakarta mengklaim sudah mencairkan dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) 2022 secara bertahap sejak November lalu. Hal itu sebagai sanggahan atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyebut Rp197,55 miliar dana itu belum disalurkan.
Kalau (KJP Plus dan KJMU tahun) 2022 cair terakhir dari pemprov bulan November 2022, kata Pelaksana Tugas (Pit) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKl Jakarta Syaefuloh Hidayat, yang dikutip Minggu (11/6).
Dikatakan Syaefuloh, pihaknya sudah meminta Bank DKl untuk mentransfer uang tersebut kepada penerima KJP Plus yang sudah ditetapkan. Itu seluruh uang sudah ditransfer dan sudah minta Bank DKl untuk transfer ke para penerima KJP yang sudah ditetapkan ‘by name by address’, ujarnya.
Syaefuloh menambahkan, proses pencairan dana KJP Plus memerlukan kehati-hatian agar dana tersebut diberikan kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Ditambah lagi, dalam proses pencairan dana tersebut masih tersisa Rp197 miliar dari total Rp3,7 triliun yang dianggarkan.
Itu kan November ke Desember kan waktunya sebulan. Maka karena sebulan tadi, kita harus punya kehati-hatian dalam proses transfernya. Masih tersisa Rp197 miliar dari Rp3,7 triliun, kata Syaefuloh.