Wagub DKI Berharap Presiden Jokowi Dukung Gelaran Formula E di Jakarta

www.tribunnews.com, Selasa, 16 November 2021

Pemprov DKI Jakarta berharap pemerintah pusat dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mendukung rencana penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 .

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi pernyataan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang menyebut Presiden Jokowi menantang pembalap Sean Gelael ikut Formula E di Jakarta.

 “Prinsipnya semua kegiatan atau program yang dibuat pemerintah pusat maupun yang dibuat pemda mendapat dukungan yang sama,” ujar Ahmad Riza Patria, Jakarta, Senin (15/11/2021) malam. Wagub asal Partai Gerindra ini mengatakan, sudah seharusnya pemerintah pusat dan daerah bersinergi dalam penyelenggaraan even olahraga bertaraf internasional seperti Formula E.

Dengan begitu, rencana program pemerintah pusat ataupun daerah tersebut dapat terlaksana dengan baik.

“Kalau pemerintah pusat punya program tentu sebaiknya Pemda mendukung program pemerintah pusat. Terjadi sinergi,” ujarnya di Balai Kota.

“Begitu juga sebaliknya, program yang dibuat pemda mendapat dukungan dari pemerintah pusat dan juga dukungan masyarakat,” sambungnya.

Wagub yang karib disapa Ariza ini juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah menjajaki kerja sama dengan pihak swasta melalui mekanisme sponsorship untuk penyelenggaraan Formula E berikutnya.

Diharapkan nantinya pembiayaan Formula E tidak lagi menggunakan APBD Pemprov DKI Jakarta.

“Terkait pembiayaan, ke depan pembiayaan kegiatan melalui partisipasi publik, dari masyarakat, dari swasta,” kata Ariza.

Diketahui, Presiden Jokowi menjajal langsung saat meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB, pada Jumat (12/11/2021).

Presiden Jokowi juga mendukung sejumlah even balap bertaraf internasional yang akan dihelat di Sirkurit Mandalika Lombok, seperti MotoGP dan World Superbike (WSBK).

Sirkuit Mandalika berada di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

ITDC merupakan bagian dari InJourney, yaitu sebuah holding BUMN pariwisata dan pendukung yang resmi beroperasi dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 104 Tahun 2021 tanggal 6 Oktober 2021.

Ketua Umum IMI Pusat sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Presiden Jokowi di sela peresmian Sirkuit Mandalika sempat menyampaikan tantangan kepada pebalap Sean Gelael agar bisa berlaga di ajang balap Formula E di Jakarta tahun depan.

“Pak Presiden Jokowi menantang Sean Gelael agar bisa berlaga di ajang balap Formula E di Jakarta tahun depan,” kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Sean Gelael tidak bisa menjawab dan hanya tertawa ketika ditantang Presiden Jokowi untuk tampil pada Formula E Jakarta.