Mendagri Ingatkan APBD DKI Harus Pro Rakyat

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 Kota Jakarta, DPRD DKI menggelar rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi ini, dihadiri oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo mengingatkan penggunaan APBD agar selalu fokus terhadap kegiatan yang berorientasi produktif dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kemudian untuk menghadirkan APBD yang pro rakyat dan transparan, laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK-RI akan menjadi rujukan bagi DPRD DKI Jakarta dalam melaksanakan fungsi pengawasan dalam penetapan pelaksanaan APBD DKI Jakarta,” kata Tjahjo Kumolo.

Tjahjo mengungkapkan, posisi DPRD dalam Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014, penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagai mitra sejajar dengan kepala daerah, memegang peranan penting dalam perumusan kebijakan-kebijakan daerah.

Bersama pemerintah daerah, DPRD harus pandai untuk menyerap aspirasi masyarakat, kebutuhan masyarakat, kesulitan masyarakat, dan permasalahan sehari-hari dalam masyarakat, untuk diimplementasikan dalam kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tjahjo mengucapkan Selamat Hari Jadi yang ke-492 Provinsi DKI Jakarta, kepada seluruh masyarakat Provinsi DKI Jakarta. Disertai ucapan terima kasih khusus kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta atas pengabdian, profesionalisme dan kontribusi positif terhadap pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi DKI Jakarta.

“Peringatan Hari Jadi Provinsi DKI Jakarta yang ke-492 ini merupakan momentum berharga bagi seluruh jajaran pengambil dan pelaksana kebijakan di Provinsi DKI Jakarta untuk kembali melakukan introspeksi/evaluasi atas capaian kinerja yang telah berhasil diraih,” terang Tjahjo Kumolo.

Dengan mengangkat tema ‘Wajah Baru Jakarta’, menurut Tjahjo Kumolo, harus dimaknai sebagai perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Dengan harapan, program dan kegiatan Tahun 2019 yang sedang berjalan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kota Jakarta.

“Sehingga dapat terwujud kota yang maju dan bahagia warganya,” tutur Tjahjo Kumolo.

Terkait dengan hal tersebut, lanjut Tjahjo, diharapkan rencana program dan kegiatan pada RKPD Tahun 2020 diarahkan untuk mendukung pencapaian target-target makro yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Untuk beberapa target yang sudah menunjukkan pertumbuhan positif, perlu terus ditingkatkan. Sedangkan angka-angka yang belum mencapai target, perlu dibahas bersama para pemangku kepentingan di Provinsi DKI Jakarta, agar dapat diperoleh mufakat bersama dalam upaya penyelesaian masalah pembangunan pada segala sektor di DKI Jakarta,” pungkas Tjahjo.

 

Sumber: BeritaSatu.com