Sekda DKI Minta Warga Laporkan Rumah DP 0 Rupiah yang Disewakan Kos-kosan

Jakarta, Beritasatu.com –¬†Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, memberikan komentarnya terkait adanya rumah DP 0 rupiah di Nuansa Pondok Kelapa (Klapa Village) di Jakarta Timur yang disewakan sebagai kos-kosan. Joko mengimbau masyarakat untuk melaporkan hal tersebut kepada Pemerintah Provinsi DKI.

“Oh ya? Laporkan saja!” ujar Joko kepada para wartawan di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (21/6/2023).

Joko menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pengecekan langsung untuk memastikan kebenaran mengenai penyewaan unit rumah DP Rp0 tersebut.

“Setelah kami mendapatkan laporan tentang hal ini, kami akan melakukan pengecekan,” ungkapnya.

Rumah DP Rp 0 Nuansa Pondok Kelapa (Klapa Village) di Jakarta Timur yang disewakan sebagai kos-kosan oleh pemiliknya telah menjadi viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, terlihat kondisi unit rumah DP Rp 0 tipe 1 bedroom dengan fasilitas mulai dari ruang tengah, dapur, kamar mandi, balkon, hingga kamar tidur.

Pada video tersebut, pemilik rumah menawarkan penyewaan kos-kosan dengan berbagai fasilitas yang disediakan, termasuk lemari es dan kitchen set. Pemilik menetapkan harga sewa sebesar Rp1 juta dengan meniadakan biaya iuran pengelolaan lingkungan (IPL).

Rumah DP Rp 0 ini, yang terletak di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, diresmikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Agustus 2019.

Pemilik rumah diwajibkan memenuhi sejumlah persyaratan administrasi, termasuk memiliki KTP DKI Jakarta dan batasan penghasilan maksimal sebesar Rp 14,8 juta. Pemilik juga dilarang untuk menjual unit rumah DP Rp 0 ini.