LRT Peninggalan Ahok Dilanjutkan Anies, Stasiun Velodrome Nyambung ke Cawang

www.kumparan.com, Rabu, 28 April 2021

Pemprov DKI Jakarta bakal melanjutkan proyek LRT di dalam kota. Namun, Pemprov DKI Jakarta bakal mengubah rute LRT fase 2 yang semula direncanakan Velodrome-Manggarai-Dukuh Atas menjadi Velodrome-Klender-Cawang. LRT ini akan menyambungkan LRT fase I rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km yang merupakan warisan Ahok saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, perubahan ini disesuaikan dengan adanya pembangunan double-double track Manggarai-Cikarang.

“LRT yang tadinya Velodrome-Manggarai-Dukuh Atas, ini sesuai dengan surat Menhub di 2018 itu perlu dilakukan penyesuaian, mengingat pada kawasan Manggarai ada dibangun jalur kereta double-double track,” jelas Syafrin, Rabu (28/4).

“Sehingga untuk elevasi LRT nantinya itu akan berada lebih besar dari 20 m, ini tentu membahayakan keselamatan,” lanjutnya.

Dia juga menjelaskan, perubahan rute ini juga mempertimbangkan demand penumpang. Pasalnya jika LRT tetap pada rute Manggarai akan bergesekan dengan penumpang KRL.

“Akan ada 2 koridor KRL kereta yang berhimpitan mulai dari Manggarai-Dukuh Atas. LRT dengan KRL elevated Loop Line sehingga dari sisi teknis transportasi demand itu akan saling memakan dan tentu ini tidak untuk sebuah layanan yang dibangun dengan biaya mahal,” terangnya.

Perubahan rute ini juga mempertimbangkan distribusi ketersediaan transportasi massal. Sehingga integrasi bisa berjalan di Jakarta.

“Kawasan Timur Jakarta khususnya koridor selatan utaranya itu layanan kereta api yang menjadi backbone pengembangan angkutan massal Jakarta itu kurang, hampir tidak ada. Oleh sebab itu kemudian dari Velodrome itu diteruskan langsung ke Cawang sekaligus memperkuat integrasi tiga layanan kereta yang sekarang disiapkan,” kata dia.

“Velodrome dia akan terintegrasi dengan KRL di Klender setelah itu akan terintegrasi dengan layanan LRT di Pondok Bambu rencana LRT Pulogebang, Joglo. Ketiga maka di ujung Cawang Stasiun Halim itu akan terintegrasi dengan rencana KCIC high speed train Jakarta-Bandung yang sekarang dalam proses pembangunan,” tambahnya.