HARI ULANG TAHUN BPK KE-74 MENGANGKAT TEMA BPK TANGGUH BPK TERPERCAYA

JAKARTA, Humas BPK – Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beserta seluruh Pegawai Pelaksana BPK baik di Kantor Pusat BPK maupun Kantor BPK Perwakilan seluruh Indonesia mengikuti Pembukaan Rangkaian Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPK Ke-74, yang digelar secara virtual untuk mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19, pada Jumat (13/11/2020).

 

Kegiatan yang mengangkat tema “BPK Tangguh, BPK Terpercaya” ini dibuka secara resmi dibuka oleh Ketua BPK, Agung Firman Sampurna dan dihadiri oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, Anggota I BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Hendra Susanto, Anggota II BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara II Pius Lustrilanang, Anggota III BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III Achsanul Qosasi, Anggota IV BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV BPK, Isma Yatun, Anggota V BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V BPK Bahrullah Akbar, dan Anggota VII BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VII BPK Daniel Lumban Tobing serta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

Dalam sambutannya Ketua BPK mengatakan bahwa pandemi Covid 19 membuat BPK terbiasa dengan kegiatan-kegiatan baru untuk menjaga kesehatan dan keselamatan, dimana protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak menjadi suatu gaya hidup yang baru. BPK juga telah menghindari pertemua-pertemuan secara fisik dan membiasakan dengan model komunikasi secara daring atau virtual sebagai salah satu strategi agar kinerja BPK tetap terjaga.

“Namun demikian kondisi seperti ini tidak akan menyurutkan langkah dan semangat kita untuk terus meningkatkan solidaritas, kreatifitas, fleksibilitas dan produktifitas. Untuk terus meningkatkan solidaritas, kreatifitas, fleksibilitas dan produktifitas tersebut maka rangkaian kegiatan peringatan HUT BPK Ke-74 ini dirancang berbeda dengan kegiatan hari ulang tahun sebelumnya,” ungkap Ketua BPK.

 

Kreatifitas dibutuhkan dalam mengelola rangkaian kegiatan baik dalam bentuk lomba maupun aktifitas lainnya agar tetap kompetitif namun tetap menyenangkan, namun tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memitigasi setiap resiko yang mungkin akibat penularan Covid-19. Tentunya pengaturan yang seperti ini diharapkan tidak mengurangi semangat kompetisi, kegembiraan dan kebersamaan yang muncul dalam setiap perayaan HUT BPK.

“Atas nama Pimpinan BPK, kami mengajak segenap keluarga besar BPK untuk tetap berpartisipasi aktif, antusias dan menikmati setiap kegiatan pada HUT ini,” ujarnya.

“Kita semua menyadari bahwa tantangan kita, tantangan negara dan bangsa ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 memang sangat tinggi, dan oleh karena itu justeru kta harus semakin kuat, semakin tangguh sebagaimana tema HUT BPK Ke-74 ini yaitu BPK Tangguh, BPK Terpercaya,” tutupnya.

 

Sementara itu, dalam laporannya Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif menyebutkan bahwa dalam kegiatan HUT BPK Ke-74 ini akan diadakan perlombaan kesenian dan kreatifitas yang meliputi lomba fotografi, podcast audio dan video, penulisan berita, vocal group, menyanyi individu, dan ketoprak humor. Selain itu akan diselenggaran juga pertandingan olah raga dan ketrampilan yang meliputi sepeda, catur, bulu tangkis, senam, juggling bola dan panahan yang sebagian besar akan dilaksanakan secara virtual. Untuk mengikatkan kekeluargaan pada keluarga besar BPK dari pimpinan sampai dengan pelaksana BPK akan diselenggarakan acara Family Gathering yang akan diselenggarakan pada bulan Januari 2021. Sebagai puncak rangkaian kegiatan HUT BPK Ke-74 adalah upacara bendera dan syukuran yang juga akan diselenggarakan pada Bulan Januari 2021.