BPK LANTIK PENGURUS IPKN WILAYAH DIY DAN JATENG

 

YOGYAKARTA, Humas BPK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelenggarakan pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Kantor BPK Perwakilan DIY, pada Rabu (2/9/2020). Pengurus IPKN Wilayah DIY periode 2020 – 2023 tersebut dilantik oleh Anggota V BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) IPKN Bahrullah Akbar.

Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti beserta para undangan lainnya. Turut hadir mendampingi Anggota BPK di antaranya, Wakil Ketua Umum DPN IPKN Hery Subowo (Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK), Anggota Dewan Pengarah IPKN Akhsanul Khaq (Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK), Sekretaris Jenderal DPN IPKN Gunarwanto (Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK), serta pelaksana di lingkungan BPK.

Bahrullah Akbar mengatakan, IPKN Wilayah akan menjadi alat kelengkapan IPKN yang melaksanakan kegiatan di daerah dalam rangka pengembangan profesi anggota di daerah. IPKN Wilayah bertugas untuk mensinergikan kerja sama pemeriksa dan pengawas di daerah dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

“Gagasan IPKN adalah untuk membina dan meningkatkan kompetensi pemeriksa keuangan negara secara sistematis dan berkesinambungan,” terangnya. Bahrullah berharap, IPKN dapat menjadi wadah berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan lembaga dan organisasi profesi yang memiliki basis kompetensi yang sama.

Sebelum pelaksanaan pelantikan, Ketua IPKN Wilayah DIY, VM Ambar Wahyuni (Kepala Perwakilan BPK Perwakilan DIY) mengatakan, di hari yang sama IPKN juga menggelar seminar online. Seminar yang dibuka oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono secara virtual tersebut diikuti oleh para pemeriksa BPK, Aparat Pengawas Internal Pemerintah/Satuan Pengawas Internal (APIP/SPI) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan akademisi di wilayah DIY.

Seminar dengan tema “Sinergi antara Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Peningkatan Kinerja Pengelolaan Keuangan Negara” ini menghadirkan Ketua Program Studi Magister Akuntansi Universitas Gadjah Mada, Abdul Halim dan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY, Slamet Tulus Wahyana sebagai narasumber.

Sementara itu, pada hari sebelumnya (Selasa, 1/9/2020), Ketua Umum DPN IPKN juga melantik Pengurus IPKN Wilayah Jawa Tengah (Jateng) periode 2020 – 2023 di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jateng, di Semarang. Pelantikan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Jateng, Taj Yasin Maimoen dan Ketua IPKN Wilayah Jateng, Ayub Amali (Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Jateng), serta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilangsungkan kegiatan seminar online dengan tema “Sinergi antara Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Peningkatan Kinerja Pengelolaan Keuangan Negara Sesuai dengan Peraturan Perundangan”. Seminar yang dibuka secara virtual oleh Ketua BPK, Agung Firman Sampurna ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Jamal Wiwoho.

IPKN merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan pada 20 Februari 2020. Pembentukan IPKN bertujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara. IPKN menyelenggarakan kegiatan antara lain mengembangkan standar pemeriksaan, mengembangkan metodologi, teknik, dan pendekatan-pendekatan serta praktik pemeriksaan yang baik. Selain itu, IPKN juga menyelenggarakan kegiatan pengembangan profesi bagi anggota dan menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi masyarakat, serta melakukan kerja sama dengan organisasi profesi lain dalam lingkup nasional dan internasional.