BPK GOES TO CAMPUS: BENTUK AKUNTABILITASI BPK UNTUK ENGAGEMENT AKADEMISI

BUKITTINGGI, Humas BPK – Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V, Bahrullah Akbar menjadi narasumber utama dalam kuliah umum di Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN). Kuliah umum yang dikemas dalam acara BPK Goes to Campus ini dilaksanakan di IPDN Kampus Sumatera Barat, di Bukittinggi, pada Senin (4/5/2021).

 

Di hadapan ratusan praja IPDN yang hadir baik secara fisik terbatas maupun virtual, Bahrullah mengajak seluruh peserta untuk lebih memahami mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Dalam kesempatan tersebut, Bahrullah juga memaparkan tentang tugas, fungsi, dan wewenang BPK.

Menurut Bahrullah, BPK dalam menjalankan tugas dan fungsinya, membutuhkan dukungan dari masyarakat khususnya akademisi, dalam membangun transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Hal ini bertujuan agar pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara menjadi lebih transparan dan akuntabel.

“BPK mengharapkan sinergi dengan perguruan tinggi dapat lebih mendorong terwujudnya pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang transparan dan akuntabel di masa yang akan datang,” ungkap Bahrullah Akbar pada kuliah umum dengan tema “Akuntabilitas Untuk Semua” tersebut.

Kepada praja IPDN, Anggota BPK menjelaskan bahwa untuk memastikan pengelolaan keuangan negara dilakukan secara benar, maka para pengelola keuangan negara harus melaksanakan pengelolaan keuangannya secara transparan dan akuntabel. Untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas, Undang-Undang mengamanatkan BPK untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara/daerah tersebut.

“BPK sebagai lembaga pemeriksa mempunyai tugas dan wewenang untuk melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara/daerah,” jelasnya. Apabila pengelolaan keuangan negara dilaksanakan secara transparan dan akuntabel, maka tujuan pengelolaan keuangan negara untuk mewujudkan kemakmuran rakyat dapat tercapai.

Selain tugas dan wewenang BPK, beberapa hal lainnya yang juga disampaikan pada kuliah umum itu antara lain, mengenai prestasi dan peran BPK dalam kancah internasional, respon BPK terhadap kondisi pandemi dan strategi pemeriksaan yang berpedoman pada Rencana Strategis (Renstra) BPK 2020-2024.

Kegiatan BPK Goes to Campus merupakan salah satu rangkaian kegiatan public awareness BPK di kalangan akademisi dengan tujuan menjalin komunikasi dan dialog yang positif untuk bersama-sama membangun transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Melalui kegiatan sosialisasi ini, BPK mengharapkan sinergi dengan perguruan tinggi dapat lebih mendorong terwujudnya pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang transparan dan akuntabel di masa yang akan datang.

Selain Anggota BPK, kuliah umum itu juga menghadirkan Rektor IPDN, Hadi Prabowo dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional (Humas dan KSI), Selvia Vivi Devianti secara virtual.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK, Akhsanul Khaq, Direktur IPDN Sumatera Barat, Tun Huseno, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat, Yusnadewi dan civitas akademisi serta para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPK.