Rencana Strategis BPK RI 2016 – 2020

Rencana Strategis (Renstra) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2016-2020 ini berisi visi, misi, tujuan, dan sasaran strategis serta arah kebijakan pemeriksaan dan pengembangan kelembagaan, serta target ukuran pencapaiannya.

Renstra BPK tahun 2016-2020 adalah merupakan kelanjutan dari Renstra BPK 2011-2015, sehingga kondisi pencapaian Renstra sampai dengan tahun 2015 menjadi salah satu pertimbangan penyusunan Renstra ini. Pertimbangan lain meliputi landasan pemikiran, perkembangan lingkungan strategis serta kondisi yang diharapkan dicapai lima tahun ke depan. Untuk arah kebijakan pemeriksaan tahun 2016-2020, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 menjadi referensi penentuan tema dan fokus pemeriksaan BPK. Di samping itu, kebijakan pemeriksaan BPK lima tahun kedepan juga memperhatikan kebutuhan mendesak yang menjadi perhatian publik serta permintaan pemangku kepentingan. Dengan Demikian, hasil pemeriksaan BPK diharapkan dapat dimanfaatkan oleh lembaga perwakilan, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk pengambilan keputusan sesuai tugas dan wewenang masing-masing untuk pencapaian tujuan negara.

Sehubungan dengan hal di atas, maka kualitas pemeriksaan BPK harus terus ditingkatkan. Nilai-nilai dasar BPK, yaitu integritas, independensi, dan profesionalisme harus terus ditegakkan dan diperkuat. Sistem pengendalian mutu BPK di tingkat pemeriksaan dan kelembagaan juga harus terus diperkuat.

Buku Renstra BPK Tahun 2016-2020