Ketua dan Anggota VI Bertemu ANAO, AO NSW dan OAG NZ di Australia

28 April 2015

Ketua BPK, Dr. Harry Azhar Azis, bersama Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan ANAO di Canberra, Australia, pada 14 April 2015, sebagai bagian dari rangkaian acara konferensi The Australasian Council of the Public Account Committees (ACPAC)/The Australasian Council of Auditor-General (ACAG) di Adelaide, Australia pada 15 – 17 April 2015.

  Pertemuan Ketua, Anggota VI dengan Auditor General Australia, Mr. Ian McPhee, adalah untuk membahas pembentukan komite kemitraan antara BPK RI dan ANAO yang bertugas untuk memonitor, mengevaluasi, dan menentukan arah kerja sama antara kedua lembaga yang telah terjalin sejak tahun 2007. Selain itu dibahas juga rencana kerja tahun 2015 dan kerja sama setelah tahun 2015 dibawah kerangka Government Partnership Fund (GPF) III.

Lebih lanjut, Ketua, Anggota VI dan Auditor-General Australia sepakat untuk membentuk sebuah komite kemitraan yang diketuai bersama antara Wakil Ketua BPK dan Deputy Auditor General of Australia dengan anggota komite Anggota VI BPK dan pejabat ANAO. Komite ini bertugas untuk memberi arahan strategis atas kerja sama dan melaksanakan monitoring dan evaluasi.

Selain bertemu dengan ANAO, Ketua dan Anggota VI juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Audit Office of New South Wales (AO NSW) dan Office of the Controller and Auditor-General of New Zealand (OAG NZ) pada 15 April 2015 di Adelaide, Australia, sebelum agenda konferensi ACPAC/ACAG. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas kelanjutan kerja sama bilateral antara BPK RI dan AO NSW/BPK RI dan OAG NZ yang telah berakhir pada tahun lalu.

Pada konferesi ACAG, 17 April 2015, Ketua BPK berkesempatan untuk mempresentasikan prespektif BPK RI pada empat tema ACAG yang juga dipaparkan oleh 12 Kepala SAI di kawasan Australasia.

Pada kunjungan ini, Ketua dan Anggota VI, didampingi oleh Staf Ahli bidang Keuangan Pemerintah Pusat, J. Widodo Hariyo Mumpuni; Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, Arman Syifa; dan Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Wahyudi.