Diklat Perpustakaan tahun 2015 di Balai Diklat Medan

Selasa, 31/03/2015

Kepala Balai Diklat Medan, Mamik Mis Chastina membuka acara Diklat Perpustakaan secara resmi di Balai Diklat Medan pada Senin, 23 Maret 2015. Diklat ini diselenggarakan pada 23-26 Maret 2015 yang mengambil tema Kemas Ulang Informasi dalam Format Digital yang diikuti oleh 36 Pengelola Perpustakaan Pusat, Perwakilan Provinsi dan Pusdiklat.

Definisi Kemasan informasi adalah kumpulan informasi yang disajikan dalam bentuk baru yang lebih mudah untuk digunakan, dipahami, diserap, dan bahkan diadopsi oleh pengguna. Kemasan Informasi adalah media yang efektif untuk penyebaran informasi. Dalam era teknologi informasi sekarang ini, kemas ulang informasi lebih banyak dilakukan ke dalam format digital mengingat kemudahan akses serta media penyimpanan yang relatif lebih mudah dan tidak memerlukan tempat yang besar.

Dalam Diklat Perpustakaan, narasumber yang mengisi diantaranya adalah Nurjani (Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Medan) dengan materi Peran Perpustakaan dalam Era Digital, Ridwan Siregar (Dosen Universitas Sumatera Utara) dengan materi Format Digital dalam Usaha Pelestarian Koleksi Grey Literature BPK RI,  Belling Siregar (Kepala Perpustakaan Universitas Medan) dengan materi Teori dan Praktek Klasifikasi Koleksi Buku, Tuty Hendrawati (Perpustakaan Nasional) dengan materi Teori dan Praktek Kemas Ulang Informasi dalam Format Digital, Dewi Kaniasari (Kepala Sub Bagian Perpustakaan BPK RI) dengan materi Teori dan Praktek Pengolahan Koleksi Buku, Terbitan Berkala, Layanan Koleksi Perpustakaan, dan Teori dan Praktek Pengolahan Koleksi Digital pada Aplikasi SIPuspa, dan Djembar Lembasono (KMRG ITB) dengan materi Pemanfaatan Aplikasi SIPuspa dalam Mengelola Koleksi Digital.

Sebagai penutup rangkaian acara Diklat Perpustakaan, Kasubbag Perpustakaan, Dewi Kaniasari beserta peserta diklat melakukan kunjungan ke Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU)  dan Perpustakaan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Kunjungan ini dimaksudkan sebagai sarana berbagi informasi dan menambah wawasan mengenai perpustakaan yang sudah baik pengelolaannya. Kunjungan perpustakaan ini mendapat sambutan hangat dari Kepala Perpustakaan USU dan Kepala Perpustakaan PPKS.

Diklat Perpustakaan BPK RI secara resmi ditutup oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Diklat Medan, Muhammad Taufiq.

diklat perpustaan Medan
Peserta Diklat Perpustakaan berfoto didepan Gedung J. Pulungan Balai Diklat Medan
diklat perpustaan Medan2
Peserta Diklat Perpustakaan dari 33 Perwakilan pada saat kunjungan ke Perpustakaan Galeri Riset Kelapa Sawit Medan