Kebersamaan dalam Pengembangan Komunitas Unggulan (PKU)

1

Bogor, 29 – 30 November 2013

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan “Pengembangan Komunitas Unggulan (PKU)” yang diikuti oleh pejabat dan staf BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini, digagas oleh Biro SDM BPK RI bekerja sama dengan MUVI Learning Center  dan berlangsung dari tanggal 29 sd. 30 Agustus 2013 bertempat di Lembah Hijau Mountain & Resort Ciloto Bogor Jawa Barat.

PKU bukanlah sekedar kegiatan outbound atau bahkan PKU bukanlah Outbound. PKU merupakan sebuah sarana untuk upaya pengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Satker yang unggul dengan menggunakan metode experiential learning atau yang seringkali diterapkan dalam aktivitas outbound, kegiatannya tidak jauh dari aktivitas permainan (indoor and outdoor). Komunitas unggulan adalah Komunitas kerja yang mampu membentuk pemahaman bersama dan menerapkan nilai-nilai dasar BPK, yaitu Independensi, Integritas, dan Profesionalisme. Pengembangan Komunitas Unggulan merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai komunitas unggulan melalui pembentukan pola pikir perilaku pembelajar dan adaptif terhadap perubahan.

Dalam sambutan Pembukannya, Kasetlan BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta Sigit Hermawan, SH mengharapkan dengan adanya kegiatan PKU ini hubungan kerja sama dan kebersamaan semakin erat dan solid sehingga dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara dapat membedakan kepentingan pribadi/golongan dan kepentingan bersama.

Hari pertama, peserta diberikan materi berupa learning community  building activity, independensi activity, integritas activity, dan change management activity. Hari kedua diisi dengan kegiatan full outdoor, dimulai senam pagi, professional activity dalam bentuk permainan kelompok, change management activity with IIP, dan simulasi tempur Paint Ball.