Kalan DKI Jakarta Raih Gelar Doktor

 

Jakarta, 15 Maret 2013

Jum’at (15/3) pagi pukul 08.30 WIB adalah hari spesial dan mempuyai kenangan indah bagi Kepala Perwakilan Provinsi DKI Jakarta Blucer W. Rajagukguk dimana  beliau berhasil menjadi Doktor ke-1947 dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Blucer selaku promovendus berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan Sidang Senat Terbuka Guru Besar Universitas Negeri Jakarta  yang di Ketuai oleh Prof. Dr. H. Djaali, dengan anggota Prof. Dr. H. Muchlis R. Luddin, M.A, Prof. Dr. Maruf Akbar, M.Pd, Prof. Dr. H. Thamrin Abdullah, M.M., M.Pd, Prof. Dr. Suparno Eko Widodo dan mendapatkan nilai IPK 3,82 dengan Predikat “cum laude”. Semua pertanyaan dari panitia penguji, dijawab oleh Blucer W. Rajagukguk dengan tenang, tepat dan tegas.

Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Evaluasi Kebijakan Manajemen Kinerja Individu Pemeriksa pada BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta”. Dimana menurut promovendus, bahwa BPK sebagai instansi yang diharapkan oleh masyarakat untuk membangun akuntabilitas dan transparansi pengelolaan tanggung jawab keuangan negara, telah berupaya untuk meningkatkan kinerja satuan kerja dan para pemeriksa BPK. Oleh kerena itu, dalam rencana strategis BPK tahun 2011 – 2015 menyatakan salah satu sasarannya yaitu meningkatkan fungsi manajemen pemeriksaan. Penibgkatan fungsi manajemen pemeriksaan tersebut terwujud dengan pembuatan kebiajakan Manajemen Kinerja Individu (MAKIN). Tujuan dari penerapan kebijakan MAKIN tersebut yaitu untuk meningkatkan kualitas pemeriksa BPK dalam melaksanakan tugas pemeriksaan demi terwujudnya profesionalisme, independensi, dam integritas pemeriksaan.

Selain itu, menurut promovendus, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang evektivitas penerapan kebijakan MAKIN dalam tahap perencanaan, bimbingan, dan penilaian kinerja. Perencanaan terkait dengan komunikasi atasan dan bawahan antara sasaran kerja yang ditargetkan dengan sasaran kompetensi teknis dan perilaku yang dibutuhkan. Bimbingan terkait dengan pelaksanaan bimbingan formal dan informal dari atasan kepada bawahan untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan bersama. Sedangkan, penilaian kinerja terkait dengan pengaruh hasil penilaian kinerja terhadap sistem manajemen sumber daya manusia di BPK.

Turut hadir untuk memberikan semangat dan ucapan selamat, Ketua BPK RI Hadi Purnomo, Anggota I BPK RI , Moermahadi Soerja Djanegara, Anggota V BPK RI, Sapto Amal Damandari, Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa, Sekjen BPK RI, Hendar Ristriawan, Tortama KN V, Heru Kreshna Reza, Inspektur Utama BPK RI, Mahendro Soemardjo  dan Mantan Menakertrans, Fahmi Idris. Hadir pula para sahabat memberikan semangat dan ucapan selamat , Kalan Provinsi Jawa Barat Slamet Kurniawan dan Kalan Provinsi Banten I Nyoman Wara serta teman dan sahabat seangkatan di Pasca Sarjana UNJ.

Keluarga Besar BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta mengucapkan selamat atas pencapaian Gelar Doktor (S3) kepada Kepala Perwakilan Dr. Blucer W. Rajagukguk, SE., SH., M.Sc., Ak pada Jurusan Program Studi Ilmu Manajemen/MSDM di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tanggal 15 Maret 2013 dengan mempertahankan Disertasi berjudul “Evaluasi Kebijakan Manajemen Kinerja Individu Pemeriksa pada BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta”. Semoga dapat mengamalkan ilmunya untuk kemajuan nusa, bangsa dan negara tercinta. Salam Hangat. (han)Sidang terbuka OK upload