Kunjungan Mahasiswa Politeknik Jakarta ke-BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta

34

      

BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta menerima kunjungan Mahasiwa Diploma IV Akuntasi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Dalam kunjungan ini, rombongan terdiri dari 60 orang mahasiswa bersama seorang dosen pendamping, Bapak Yusep Friya diterima oleh Sub Bagian Humas, Jumat 16 November 2018.

Dalam kata pengantarnya, Yusep Friya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan serta harapan dalam menambah pengetahuan mahasiswa bidang pemeriksaan keuangan. Kunjungan ini menjadi kesempatan BPK dalam menumbuhkan pemahaman mahasiswa mengenai peran BPK dalam mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Bertempat di ruangan Auditorium lantai 1, Mahasiswa PNJ mendapat penjelasan langsung dari Kepala Perwakilan BPK Provinsi DKI Jakarta (Kalan) Yuan Candra Djaisin dengan tema selayang pandang BPK yang  dipandu oleh Kepala Sekretariat Pewakilan  Walmin Purba selaku moderator.

Pada kesempatan tersebut, Kalan menjelaskan antara lain tentang landasan hukum BPK, tugas dan wewenang serta posisi BPK dan lembaga tinggi negara lainnya (DPR, DPD, DPRD), juga aparat pengawasan internal pemerintah (BPKP, Inspektorat Jenderal, Inspektorat) pada pemerintahan.

Setelah penjelasan mengenai ke-BPK-an, mahasiswa PNJ aktif berpartisipasi dalam mengajukan berbagai pertanyaan seputar BPK dalam sesi tanya-jawab, antara lain mengenai bagaimana cara BPK mendeteksi tindak pidana korupsi pada lembaga pemerintahan juga langkah yang dilakukan BPK (Pimpinan,red) terhadap tim pemeriksaan bila ada kesalahan dalam memberikan opini. Bingkisan souvenir diberikan kepada mahasiswa aktif partisipasi dalam sesi tanya jawab dengan Kalan. Kunjungan mahasiswa PNJ ditutup dengan pertukaran cinderamata antara BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta dengan Politeknik Negeri Jakarta, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.