UPACARA SUMPAH PEMUDA KE-89

Bertempat di Halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta telah dilaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017 (30/10).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan, Syamsudin  dan sebagai komandan adalah Ferdinand John Rotinsulu,diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta dan Inspektorat Utama (ITAMA)

Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrowi, melalui pidatonya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa para pemuda Indonesia yang berasal dari beragam agama, suku dan bangsa telah berhasil berkumpul dan duduk bersama menyelenggarakan suatu kongres yang merupakan cikal bakal lahirnya Sumpah Pemuda. Padahal pada waktu itu sarana transportasi dan komunikasi belum secanggih sekarang. Namun mereka mampu menyingkirkan seluruh halangan dan rintangan untuk mewujudkan tujuan bersama yaitu persatuan dan kesatuan untuk meraih kemerdekaan Negara Indonesia.

Namun sayangnya, pada era kemudahan komunikasi seperti saat sekarang ini, para pemuda justru menjadi gampang membenci, berselisih, dan mudah terpicu amarah dan emosinya. Padahal, dengan kemudahan teknologi dan sarana transportasi yang kita miliki hari ini, seharusnya lebih mudah untuk berkumpul, bersilaturahmi dan berinteraksi sosial. Sebetulnya tidak ada ruang untuk salah paham apalagi membenci, karena semua hal dapat dikonfirmasi dan diklarifikasi hanya dalam hitungan detik.

 

Pada akhir pidatonya, Menteri Pemuda dan Olah Raga juga mengingatkan, agar segenap pemuda Indonesia agar melawan segala usaha untuk memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Upacara yang dilaksanakan pada pagi hari yang cerah tersebut telah berlangsung dengan tertib dan khidmat dan diikuti oleh segenap pegawai beserta para pejabat di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta