Upacara Hari Lahirnya Pancasila

IMG_8264  IMG_8309  IMG_8331

Sesuai dengan  Peraturan Presiden (Perpres) No 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Upacara Kelahiran Pancasila pada hari Kamis 1 Juni 2017. Upacara yang di gelar di halaman Kantor BPK Perwakilan DKI Jakarta ini di ikuti oleh Pimpinan dan Pegawai dilingkungan Perwakilan DKI dan Inspektorat Utama. Sebagai Inspektur Upacara Kepala Perwakilan Syamsudin dan Ferdinand John Rotinsulu sebagai komandan Upacara.

Kepala Perwakilan membacakan Pidato sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama, dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita.

Upacara yang berlangsung khidmat ini ditutup dengan do’a yang dibawakan oleh Medy Yudistira.===AF===