Peringatan HUT BPK RI Ke-65

Upacara_UploadJakarta, 17 Januari 2012

Bertempat di halaman gedung perwakilan, Perwakilan Provinsi DKI Jakarta melaksanakan upacara bendera memperingati HUT BPK ke-65 (17/1). Upacara diikuti seluruh pegawai perwakilan dan inspektorat utama. Bertindak sebagai Inspektur upacara  yaitu Harwinoko, Kepala Sub Auditorat DKI II dan John F. Rotinsulu sebagai komandan upacara.

Peringatan hari ulang tahun adalah saat yang tepat untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas apa yang telah kita lakukan satu tahun terakhir dan membuat program atas apa yang ingin kita capai di masa depan. Salah satu yang telah dicapai pada tahun 2011 adalah keberhasilan dalam melaksanakan program reformasi birokrasi. Hasil penilaian yang mencakup delapan area perubahan reformasi birokrasi menunjukkan bahwa BPK memperoleh nilai 85,67 dari skor maksimal 100. Dengan demikian, proses reformasi birokrasi yang dilaksanakan BPK termasuk dalam kategori baik. Meskipun berdasar hasil penilaian BPK memperoleh predikat baik, namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus ditingkatkan untuk mencapai kondisi reformasi birokrasi yang ideal.

Dalam pidato Ketua BPK yang dibacakan oleh inspektur upacara, beliau menyampaikan bahwa BPK sesuai dengan kewenangannya harus terus mendorong pemerintah untuk bekerja keras, tidak saja untuk mempertahankan opini yang dicapai pada saat ini, tetapi juga untuk mencapai opini yang lebih baik lagi. Khusus untuk pemerintah daerah, pekerjaan rumah masih banyak karena presentase LKPD yang memperoleh opini WTP relatif masih sedikit. Untuk itu, Kepala Perwakilan BPK diminta lebih aktif mendorong pemerintah daerah memperbaiki kualitas laporan keuangan dan pengelolaan keuangannya dengan tetap memperhatikan integritas, independensi dan profesionalisme BPK. (KA)

Selain pelaksanaan upacara, terdapat berbagai kegiatan lain dalam rangka memperingati HUT BPK RI Ke-65 antara lain adalah family gathering dan ziarah ke makam para pendahulu BPK.

Famgath_Upload

Perwakilan Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam acara Family Gathering (15/1) yang diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur. Perwakilan Provinsi DKI Jakarta memperoleh Juara III dalam lomba Gerak Jalan.

Ziarah_Upload

Wakil Ketua BPK RI, Hasan Bisri saat berziarah ke makam R. Soerasno, Ketua BPK yang pertama di TPU Menteng Pulo, didampingi oleh Staf ahli BUMN/D, Sjafrudin Mosii, Tortama KN IV, Saiful Anwar Nasution Kalan DKI Jakarta, Blucer W. Rajagukguk dan pejabat struktural di lingkugan BPK RI. Ziarah ke makam para  pendahulu BPK merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT BPK RI ke-65.