UPACARA Peringatan Hari Pahlawan Ke-66

 

Jakarta 10 November 2011

Bertempat di halaman Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi Jakarta, seluruh pegawai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-66 dengan tema “Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Bangun Karakter Bangsa”. Bertindak selaku inspektur upacara yaitu Inspektur III pada Inspektorat Utama BPK RI, Yulindra Tri Kusumo Nugroho. Acara ini didasari oleh ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita yang menyatakan bahwa, hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar atau lebih dikenal dengan ungkapan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”.

Amanat Menteri Sosial pada Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan 10 November 2011  yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, diharapkan Hari Pahlawan ini dapat mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang yang telah mendahului kita, juga dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan sebagai modal sosial untuk kemudian mengimplementasikan dan mendayagunakannya dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah lainnya.

Peringatan Hari pahlawan ini, kiranya dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan perilaku para Pahlawan Kusuma Bangsa seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih, dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi yang pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh berdasarkan Pancasila dan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Untuk menumbuhkan semangat juang Bangsa Indonesia, juga dibacakan beberapa pesan atau kata mutiara dari beberapa pahlawan nasional. Satu diantaranya adalah pesan dari pahlawan nasional Supriyadi (Pahlawan PETA), yang bunyinya “Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi”. Salah satu pesan perjuangan atau kata mutiara dari Pahlawan Nasional Supriyadi, disampaikan pada saat Supriyadi memimpin pertemuan rahasia yang dihadiri beberapa anggota Peta untuk melakukan pemberontakan melawan pemerintah Jepang.