UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-83

Jakarta, 28 Oktober 2011

Setiap tahun, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda, dan pada tahun ini kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-83. Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, kita kembali merefleksikan tentang tekad para pemuda untuk mewujudkan Satu Bangsa, Satu Tanah Air, Satu Bahasa. Jangan sampai kita memperingati Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini hanya rutinitas, sehingga kehilangan makna. Kita harus memaknai kembali sesuai dengan semangat sekarang tanpa kehilangan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda itu sendiri. Itulah sebabnya, kita harus melakukan refleksi ke belakang, sekaligus kita mengantisipasi ke depan sejarah perjalanan bangsa dalam menghadapi tantangan baru dengan semangat nilai-nilai Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-83 di Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi DKI Jakarta berlangsung khidmat dan berjalan lancar. Upacara berlangsung di halaman Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta. Bertugas sebagai Inspektur Upacara Andri Yogama, Plh. Kepala Perwakilan dengan Komandan Upacara Nugroho Heru Wibowo dan diikuti oleh seluruh Pimpinan dan staff Perwakilan BPK RI Provinsi DKI Jakarta. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-83 ini mengangkat tema “Bangun Pemuda Indonesia Yang Berjiwa Wirausaha, Berdaya Saing, dan Peduli Sesama”.  Tema tersebut mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang berdaya saing dan bermartabat sangat tergantung pada karakter pemuda yang kokoh serta mengedepankan ahklak mulia di atas semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, berwawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tantangan baru ke depan untuk bangsa ini khususnya untuk pemuda Indonesia harus kita antisipasi. Tema dari peringatan Sumpah Pemuda tahun ini merupakan bagian dari antisipasi kita tentang peran kaum pemuda ke depan untuk membawa bangsa ini semakin jaya di masa mendatang. Kita perlu mempersiapkan orang muda untuk bisa berdaya saing dalam menghadapi globalisasi yang terus berjalan, sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi A. Mallarangeng yang dibacakan oleh Andri Yogama.  Pelaksana Harian Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta.

Daya saing suatu bangsa akan sangat ditentukan oleh kemandirian dan kemampuan pemuda untuk selalu meningkatkan kualitas dan keunggulan sumber daya manusianya. Memang, sampai saat ini, pemuda Indonesia masih diliputi permasalahan yang cukup kompleks. Sebagai bagian terbesar dari jumlah penduduk Indonesia, pemuda harus dijadikan sasaran prioritas dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, sehingga menjadi generasi penerus yang maju dan mandiri. 

.